Sabtu, 14 September 2013

Jepretan Pribadi : "Festival Budaya Kotagede, Yogyakarta"

 1.


Festival Budaya Kotagede (FBeKa) 2013 yang digelar selama 3 hari, 13-15 September. Tahun ini mengambil tema 'Kejayaaan Sultan Agung' dimana kegiatan ini merupakan kerjasama pemerintah dengan masyarakat sebagai upaya pelestarian budaya. Pembukaan festival ditandai dengan pawai budaya yang mengangkat karya budaya Sultan Agung, Jumat (13/9) di Lapangan Karang, Kotagede, Yogyakarta. 

2.


Kegiatan utama lainnya, penyelengggaraaan Sarasehan Budaya Kotagede pada 14 September yang mengangkat tema 'Kejayaan Sultan Agung'. Sedangkan kegiatan pendukung meliputi Jelajah Pusaka Kotagede, pameran, pentas seni, pasar seni, dan berbagai jenis lomba.


3. 

festival ini berupa Pawai Alegoris 'Kejayaaan Sultan Agung' pada 13 September dengan membawa berbagai karya budaya Sultan Agung seperti penanggalan Jawa, Sastra Gendhing, Uba Rampe Kerajaan, replika pusaka, Duaja Meriam Poncowura dan sebagainya, yang diiringi bregada inti dan bregada pendukung.



4. 

Dasar pemikiran mengambil tema sejarah dan budaya karena Kotagede bekas ibukota Mataram Islam yang kadang dilupakan. Padahal Mataram merupakan kerajaan ke-3 terbesar setelah Sriwijaya dan Majapahit.

5. 


Duaja Meriam Poncowura sebagai karya budaya Sultan Agung.


6. 


Pawai Alegoris 'Kejayaaan Sultan Agung' pada 13 September dengan membawa berbagai karya budaya Sultan Agung seperti penanggalan Jawa, Sastra Gendhing, Uba Rampe Kerajaan,dan replika pusaka


7.



Kotagede merupakan bagian dari sejarah Mataram Kuno. Kotagede bekas ibukota Mataram Islam yang kadang dilupakan. Padahal Mataram merupakan kerajaan ke-3 terbesar setelah Sriwijaya dan Majapahit. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar